Berharap Mama Laurent jadi Kepala BMG

Dua ribu dua belas. Dua ribu dua belas. Hmmm…

Pernah saya pasang status di Facebook, bunyinya “Menghitung hari menuju 2012”. Seorang teman yang agak galak sontak menyahut dengan komentar: “Jangan percaya ramalan nggak jelas! Perkuat keimanan!”

Yaiks, saya kaget. Merasa iman nggak kuat (uhuk uhuk!). Tapi lalu mencoba merenung-renung tentang “Ramalan Maya”.

Betulkah suku Maya membuat ramalan? Setahu saya, mereka cuma bikin kalender. Dan kalender itu berakhir pada 2012. Namun kemudian ada yang menafsir-nafsir bahwa berakhirnya kalender Maya yang (konon) selama ini terbukti akurat itu adalah tanda bahwa semesta akan segera berakhir.

Ah, lupakan itu. Saya cuma ingin menyoroti kata “ramalan”. Teman saya tadi menghujat saya, dengan landasan argumen agama bahwa segala macam ramalan mengandung campur tangan setan, dan dalam ramalan terdapat 1 kebenaran namun 1000 kedustaan.

Lalu, apakah teman saya itu juga mencela “ramalan cuaca”? Padahal sajian dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) tentu beda halnya dengan hiburan yang disuguhkan Mama Laurent atau Ki Joko Bodho. Sejak 2008, Mama Laurent bisa mengatakan bahwa akan turun UFO di tahun 2009. Namun, apakah BMG berwewenang menyatakan sejak tahun lalu bahwa Anang dan Krisdayanti akan bercerai di tahun ini?

Saya kira, distorsi wacana sangat mungkin terjadi. Hanya karena kita tak punya dua kata yang berbeda untuk ‘ramalan’ pada ramalan cuaca dan ‘ramalan’ pada ramalan Jayabaya.

Bagaimana dengan bahasa Inggris? Sepanjang yang saya tahu, forecast pun bisa dipakai pada weather forecast, juga pada to forecast a victory.. (aih ketahuan deh cuma nyontek kamus.. :))

Iklan

20 thoughts on “Berharap Mama Laurent jadi Kepala BMG

  1. mama lauren mah ngawur.. waktu itu dia bilang jembatan bandung yang pas keluar tol bakalan roboh gara2 gempa pas tgl berapa gitu.. mana ga roboh2.. tapi kok dia cuek aja ya pdhl kredibilitasnya udah tercoreng parah haha 😆

    salam kenal yah!

  2. Aku pernah baca bahwa kalender maya cuman sampe th 2012 krn mereka keburu punah dulu sblm sempet nerusin kalendernya.

    ttg lamaran eh ramalan….ramalan cuaca kan ya memang ramalan, kadang bisa bener kadang bisa salah juga kan 🙂 aku sampe mikir bhs jermannya apa yah? ya sama juga ternyata ramalan cuaca dan ramalan nasib 😛

    • waaah, dapat info menarik dari Mbak Ayu, ternyata dalam bahasa Jerman pun sama, antara “ramalan” 1 dan “ramalan” 2 hehehe. Memang sih, ramalan cuaca sama juga ramalan Ki Joko Bodho, kadang benar kadang salah. Cuma sebagai manusia modern, sering kali kita merasa bahwa “prediksi” (nah! ini dia) yang berlandaskan argumen ilmiah lebih layak masuk pertimbangan, ketimbang yang berlandaskan astrologi. Padahal, menurut saya (dengan asumsi yang agak terburu-buru), astrologi pun BISA JADI sebenarnya mengandung kadar keilmiahan tertentu, hanya saja belum terungkap, karena memang dianaktirikan oleh ilmu pengetahuan modern (baca: Barat).

      Wah malah mumet ki wkwkwk

  3. ramalan jayabaya dan ramalah cuaca, sama2 prakiraan. BMG meramal berdasarkan ilmunya sendiri, mama jg meramal berdasarkan ilmu yg dimilikinya.

    pada sebuah acara, orang BMG pernah menolak untuk dikatakan mereka meramal, mereka memilih kata prakiraan. Alasannya, Kata ramal identik dengan ramalan nasib, dunia mistis, dan orang-orang seperti joko bodho, mama, dll itu.

    saya sendiri merasakan kesan dan memikirkan penafsiran berbeda saat mengucapkan kata ramalan dan prakiraan.

    coba tengok situs BMG, mereka menggunakan kata prakiraan.

  4. Setahuku ada 2 istilah dalam bahasa Inggris untuk membedakan ramalan klenik dengan ramalan ilmiah.
    1. Forecast: Ramalan yg didasari oleh analisa thdp data dan riset.
    2. Divination/premonition: Ramalan dgn metode supranatural, intuisi non rasional dll.

    Istilah umum utk keduanya adalah prediction.

  5. kalo di malang sempet yang terkenal ramalan si mama kalo di mal yang berawalan M bakal ada hujan darah dan air mata di tahun 2009 (eh, apa taun 2008 ya?)

    kebetulan ramalan itu beredar berbarengan dengan dibukanya MOG (depannya M), dan beberapa temen saya percaya. tapi sebenernya kalo dipikir-pikir mal di malang hampir semuanya berawalan M, Matos, Mitra.

    mungkin untuk cuaca jangan pake kata ramalan mas, tapi prakiraan 😆

  6. Salam kenal,

    Setahu saya, apa yg dipublikasikan oleh BMG bukanlah ‘ramalan’ melainkan ‘prakiraan’.

    Hmm, jadi ingat “Prakiraan Cuaca” selama “Dunia Dalam Berita”

  7. Kira-kira Mama Lauren bisa meramal dirinya sendiri gak ya?
    Kalau bisa berarti dia tahu donk kapan Tuhan memanggilnya…wkwkwkw huhuhu kejam…maaf

  8. Joko bodo atapun mama laurent dan bodo2 lainya, jangankan meramal, memeperkirakan, memprediksi masa depan ini hari apa saja mereka bingung….Peace mama dan mas joko, sory lugu lugas dan mengena: seruan agar kalian berhenti bermutu rendah (an).

  9. BMG menggunakan data penelitian yang diperoleh dari data2 sebelumnya untuk memperkirakan cuaca yang akan terjadi, kemudian cuaca hari ini dicatat untuk kemudian dijadikan referensi akan datang. kalo mama loren khan pake perasaan, perasaannya lagi mut ya yang diramal yang baik2,kalo lagi nggak mut ya yang diramal bakal bernasip sial,ahaha. . .

    btw,salam kenal. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s