AWASSS ADA PENGANGGURAN!

Gaya bahasa jenis apakah yang terjadi pada kata ‘nonton, ‘ongkos’, dan ‘pekerjaan’? ‘Nonton’ atau ‘menonton’ adalah verba transitif yang dapat diterapkan pada banyak objek. Mau menonton bola, menonton tinju, menonton wayang kulit, menonton reog, menonton teater, menonton film, semua sah sebagai frasa penunjuk aktivitas “melihat dan menikmati”. Tapi, toh akhirnya ‘nonton’ jadi spesifik digunakan buat film saja, kan? Gejala yang sama terjadi pada ‘ongkos’, karena pengeluaran biaya dengan ‘ongkos’ seolah cuma untuk pos transportasi saja.

Tapi, sejak kapan sih ‘pekerjaan’ ikut-ikutan si ‘nonton’ dan si ‘ongkos’? Ketika ditulis pada selembar papan, lalu dipasang melintang agak ke tengah jalan, kita langsung tahu bahwa yang dimaksud dengan ‘pekerjaan’ adalah pekerjaan bangun-membangun, wilayah bidang pertukangan dan teknik sipil. Padahal, kalau kita lihat arti tulen dari ‘pekerjaan’, ada jutaan jenis ‘pekerjaan’ yang bisa disebutkan di negeri ini, meski ada miliaran alasan untuk tidak mendapatkannya.

DSC06383

Maka, papan dengan teks angkuh: “AWAS ADA PEKERJAAN DI ATAS” di depan menara Trans Corp. di Mampang itu bisa menyakitkan hati jutaan penganggur seperti saya. Dan saya pun bisa lekas menjawabnya, “Iya, iya, saya tahu kok, di atas situ, dari lantai dua sampai lantai sekian puluh, memang ada buanyak sekali pekerjaan. Reporter, programmer, OB, tukang pijit, penonton musik bayaran (professional audience), kamerawan, presenter, penata make-up, penarik kabel.…”

Iklan

2 thoughts on “AWASSS ADA PENGANGGURAN!

  1. hihi..aku jadi ingat kejadian di sebuah bis sekitar tahun 90-an. waktu itu ada tulisan yang terpampang jelas di dalam bis,”Dilarang mengeluarkan anggota badan!”
    Apa yang terjadi? seorang ibu yang tengah mengendong anak merasa kebingungan. waktu ditanya dia pun menjawab, “Lha saya tu ma neteki anak saya. tapi di sini nggak boleh mengeluarkan anggota badan. gimana ini?”

  2. Hahaha….lucu juga tuh…lah kalo peringatan “Dilarang mengeluarkan anggota badan!” ada di bus yang berfasilitas toilet, susah dong saya kalau mau pipis…hehehe….

    Berarti tepatnya gimana ya, Mas…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s